Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Awasi Jalannya Liga I 2020, Polda Bali Bentuk Satgas Anti Mafia Bola

Ilustrasi mafia bola (net)

Lorengindonesia.com, Denpasar - Jelang bergulirnya Liga I Indinesia pada awal Maret mendatang Polda Bali membentuk Satuan Tugas (Satgas) Wilayah Anti Mafia Bola. Anggota Satgas yang berjumlah 53 orang itu akan mengintai para mafia bola yang membuat pertandingan tidak fair atau menguntungkan dan merugikan pihak lain secara tidak sah.

Kasatgas Anti Mafia Bola wilayah Bali Kombes Pol Andi Fairan mengatakan akan mengawasi penuh wasit, manajemen, pemain, pelatih yang memimpin pertandingan dan penyelenggara. Untuk mengefektifkan pengawasan pihaknya berharap partisipasi masyarakat.

“Masyarakat pemerhati sepakbola bisa memberikan aduan kepada kami. Jika melihat pertandingan yang secara kasat mata terindikasi adanya 'permainan' bisa menyampaikan aduan melalui media sosial Instagram Polda Bali atau call center 081916701972,” tutur Kombes Andi, Senin (24/2/2020).

Selain itu, Satgas ini juga dibentuk untuk melakukan penegakan hukum jika ditemukan pelanggaran. Diharapkan dengan terbentuknya Satgas ini persepakbolaan semakin bersih, bermartabat dan berprestasi menuju Indonesia maju.

Dia mengaku selama tiga tahun keberadaan Bali United yang merupakan klub kesayangan masyarakat Bali belum pernah ditemukan adanya praktik yang merugikan atau menguntungkan secara tidak sah. Namun demikian, Kombes Andi tetap memberikan peringatan agar para mafia bola jangan coba-coba melakukan kecurangan.

Dia mengungkapkan, pada Liga I tahun 2019 Satgas Anti Mafia Bola Pusat di Mabes Polri menangani 4 kasus mafia bola. Dari 4 kasus yang ditangani tahun 2019 itu pasal yang diterapkan adalah pasal 378 KUHP tentang Penipuan, UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Suap, UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, dan UU Nomor 31 Tahun 1990 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (wtb/div)


TAGS :

Komentar